by

BMI Banjarnegara Libatkan Masyarakat Berbisnis Porang

BANJARNEGARA – Bintang Muda Indonesia (BMI) merupakan badan sayap Partai Demokrat  dari kalangan milenial. Anggotanya terdiri dari kalangan muda  yang diharapkan mampu meningkatkan elektoral partai.

Gema BMI di sejumlah daerah -pun saat terus menggaung. Seiring dengan retme konstelasi politik yang semakin dinamis.Tidak itu saja, isu ekonomi menjadi bagian penting terbentuknya BMI di tubuh Partai Demokrat.

Di Banjarnegara Jawa Tengah misalkan, 150 personel BMI saat ini tengah bersiap dan bersinergi guna membesarkan Partai Demokrat. Salah satunya dengan merintis usaha pengembangan tanaman umbi porang.

Ada dua agenda besar yang diemban oleh BMI Banjarnegara, yakni mengentaskan kemiskinan dengan mendongkrak ekonomi kerakyatan dan memfasilitasi pemasaran umbi porang di Banjarnegara.

Sementara, potensi umbi porang di Banjarnegara cukup luas. Maka dari itu, BMI menginisiasi berdirinya pabrik pengolahan di Banjarnegara. Tahap awal adalah persiapan lahan dan ujicoba produksi 50 ton/hari.

BMI juga, terus melakukan sosialisasi mengenai peluang bisnis milenial di Banjarnegara, yakni pengembangan umbi porang dengan kualitas ekspor.

Hal yang perlu digaris bawahi, pengembangan tanaman umbi porang tersebut seiring dengan isu nasional terkait dengan dua peluang usaha milenial Indonesia ke depan, seperti disampaikan Presiden RI melalui Kementan RI beberapa waktu yang lalu.

Mentan menyampaikan bahwa ada dua jenis usaha berskala nasional yakni pengembangan sarang walet dan tanaman umbi porang. Mentan juga tengah melakukan persiapan guna mengaktualisasi dua sektor ini.

Mendasar hal ini pula, Hadi Suwarno ketua DPC Partai Demokrat Banjarnegara mendukung sepenuhnya kiprah BMI dalam menginisiasi pengembangan umbi porang di Banjarnegara.

“Sebagai ketua partai, tentu kami sangat mengapresiasi munculnya tokoh – tokoh muda Demokrat Banjarnegara yang  memiliki visi jauh ke depan. Memang itu yang kami harapkan,” kata Hadi Suwarno, Selasa (5/10/2021).

Ia berharap, dengan potensi dan usaha umbi Porang yang dimotori oleh BMI mampu meningkatkan taraf hidup petani di Banjarnegara. Apalagi umbi Porang bakal memiliki pangsa pasar dunia seperti tengah dipersiapkan oleh stakeholder di pusat.

Sentarara itu,  Guruh Triadi Putra S.Akun, yang disebut – sebut bakal memimpin BMI Banjarnegara menyampaikan, bahwa peran BMI terhadap Partai Demokrat Banjarnegara sangat besar.

Karena kader yang duduk di BMI memiliki mobilitas dan semangat yang tinggi dalam melakukan terobosan dan konsolidasi guna kebesaran Partai Demokrat.

Guruh Triadi Putra yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Banjarnegara menegaskan, dirinya siap memimpin BMI Banjarnegara. “Kami siap membesarkan Partai Demokrat dengan segala potensi dan kemampuan yang ada,” katanya optimis.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed