BMI Desak Presiden Menggagalkan Omnibuslaw

DPR RI dan Presiden selaku lembaga-lembaga Negara adalah institusi politik. Undang-Undang tidak lain adalah produk politik, di desain oleh institusi-institusi politik. Undang – Undang bukan produk hukum tetapi adalah produk politik.

Oleh karenanya niscaya setiap undang-undang memuat pesan-pesan politik, berpaut dengan kepentingan politik, maka substansi (materiel) undang-undang boleh diuji setiap saat oleh institusi hukum yang berwenang agar muatan pesan-pesan politik yang terkandung di dalamnya bersesuaian kehendak dengan hajat hidup orang banyak.

Statemen tersebut disampaikan oleh Eben Eser Ginting, SH, Ketua Departemen Hukum DPN BMI. “Jelas sekali dalam UU Cipta Kerja banyak muatan politisnya yang menguntungkan sekelompok orang, “golongan-golongan tertentu”, ujarnya.

Di karenakan materi muatan undang – undang tersebut terutama pada bagian Bab Ketenagakerjaan hampir sebagian bertentangan dengan Pasal 2 Point a dan b UU Cipta Kerja itu sendiri yaitu a. Pemerataan Hak dan b. Kepastian Hukum. Bagaimana bisa dalam suatu UU ada frasa yang saling bertentangan?”katanya menambahkan.

Menurutnya, pemerataan Hak dan Kepastian Hukum tersebut hakikatnya tidak kita temui dalam UU tersebut yang mengatur mengenai Ketenagakerjaan. “Hanya ada dua mekanisme yang dapat dilakukan yaitu Judicial Review atau desak Presiden untuk terbitkan PERPU Pembatalan” imbuhnya

Lain dari itu, Ginting juga melihat dengan jelas dan nyata bahwa gerakan buruh dan demontrasi mahasiswa selama tiga hari ini, sduah banyak jatuh korban, baik dari Buruh maupun Mahasiswa. Untuk itu, dia meminta agar Presiden dapat segera keluarkan Perpu dalam waktu tidak lama ini.

“Gejolaknya teramat besar, apalagi dua ormas besar di Indonesia yaitu NU dan Muhammadiyah Menolak Omnibuslaw” ujar Ginting.

Ginting menyebut bahwa gerakan massa ini sudah dalam katagori people power terbesar dalam sejarah pemerintahan Joko Widodo. “Ini sudah kondisi darurat, Presiden harus segera keluarkan Perpu sebelum jatuh korban lebih banyak” ujar Ginting.

Check Also

AHY Kutuk Keras Peristiwa Teror di SIGI

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengutuk keras teror yang terjadi di Sigi Sulawesi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *