by

Gempa di Sulawesi Barat, BMI : Meminta Pemerintah Pusat dan Daerah Tanggap Cepat

Gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene yang berdampak ke Kota Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat pada 15 Januari pukul 01.28 WIB dini hari.

Wakil Ketua Bintang Muda Indonesia (BMI) Irwan Saputra Pajerih meminta kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk segera mengambil tindakan.

“Terkait dengan bencana gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Mestinya Presiden atau pejabat menteri terkait segera tanggap cepat. Sebagai bentuk keseriusan dan langkah kongkrit pemerintah dalam merespin bencana ini,” tutur Irwan.

Sampai dengan siang ini, ia belum mendapat informasi terkait langkah apa yang akan dilakukan pemerintah untuk menangani bencana ini.

“Saya belum mendengar rencana apa yang dilakukan pemerintah untuk segera menangani bencana ini. Secepat mungkin harusnya kejadian semacam ini bisa direspon, kenapa sampai sekarang belum ada respon dari pemerintah?,” tanya Irwan.

Rentetan bencana mulai dari Sumedang, Kalimantan Selatan, hingga Sulawesi Barat harusnya bisa menjadi advice bagi presiden untuk senantiasa waspada serta bisa merespon dengan cepat, dan bisa mengambil langkah-langkah kongkrit penyelamatan secara primer maupun sekunder.

“Setelah sekian kejadian harusnya pemerintah bisa mengevaluasi sistem penanganan bencana sehingga bisa mengambil respon lebih cepat,” kata Irwan.

Menurutnya harus ada penguatan lembaga yang bertugas menangani bencana. Harapannya ada satgas yang dibetuk secara khusus yang hisa bertindak cepat, apalagi pada musim seperti ini.

Selain itu, ia menghimbau bahwa antar warga bisa saling membantu atas bencana ini.

“Warga juga perlu bersolidaritas antar sesamanya, saat negara lambat untuk hadir di sini”.

Terakhir dalam statemennya, Irwan menyampaikan duka atas bencana alam yang terjadi di Sulbar dan Kalsel.

“Semoga korban yang meninggal diterima di sisi Tuhan, dan korban yang selamat bisa diberikan kesabaran dan ketabahan,” ucap Irwan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed