by

Gitu Aja kok Repot : Meneladani Politik Berkelas Nan Santai Gus Dur

Fungsionaris DPN Bintang Muda Indonesia Lency Pramono menjelaskan bahwa ditengah politik ambisius, berusaha mati-matian dalam membenamkan demokrasi dan rakyat dalam lubang hitam, bisa dilihat dari ketidak pedulian dengan keadaan rakyat yang serba sulit, asal kebutuhannya tercapai.
Sebab itulah BMI menilai perlu adanya keteladanan Gus Dur dalam upaya untuk tidak mengikuti trend politik segala cara itu.

“Gus Dur ketika ditanya siapkah maju capres setelah pernah dijatuhkan, dia jawab dengan santai bahwa dia tak mau repot-repot siapkan dana, tim sukses dan lainnya, melainkan jalan saja ikuti petunjuk lima kyai” jawabnya sesantai gaya dia saat mundur dari kursi Presiden.

Sikap enteng Gus Dur pun membuat dia percaya diri ketika menjadi Presiden, saat ia bertemu Presiden AS, dengan santai bilang kalau Presiden AS senang dan memilih lebih lama berbicara dengannya. “Kenapa harus minder, orang sama-sama Presidennya” ujarnya santai.

Sikap santai pada hal-hal kekuasaan dan keduniaan juga membuat ia tak pelit berbagi ke orang sampai uang di laci mejanya habis

“Gus Dur santai, tak ngoyo mendapat sesuatu dan santai serta tak ngoyo melepas sesuatu, dia selesai dengan dirinya baik saat lapang maupun kelapangannya berkurang” ujar Lency.

Tanpa sikap berkarakter seperti Gus Dur, rumah organisasi apapun kalau diibaratkan rumah, akan pelan-pelan pecah kaca jendelanya, runtuh atapnya satu demi satu dan menjadi rumah hampa yang diisi udara kemunafikan.

“Gus Dur menjadi Ketua Umum PBNU dan Presiden dengan sejumlah tantangan tapi tak membuatnya kehilangan sikap rileks, percaya kepada Gusti Allah dan nilai perjuangannya, inilah tiga nilai yang perlu diwarisi mereka yang mengaku mencintai Gus Dur hari ini” ujar Lency.

BMI menurut Lency bersyukur memiliki sosok Ketua Umum yang sedikit meniru gaya Gus Dur, seperti santai, sederhana, merakyat dan kaya ide-ide kedepan seperti Gus Dur”ujar Lency.

Sikap inilah yang membuat BMI secara ajaib berdiri di berbagai provinsi dan daerah dan menjalankan aksi-aksi nyata untuk rakyat.

“Dan tak lupa setiap ada giat seperti giat BMI di Jombang, Ketum Farkhan Evendi selalu melepas rindu ke Gus Dur dengan berziarah ke makam Gus Dur” ujar Lency.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed