by

Gunung Raung Jawa Timur Naik Status Waspada, BMI Ingatkan Pemerintah!

Oleh Muhammad Wakil Ketua DPC BMI Banyuwangi

Jumat,22 Januari 2020

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung di Banyuwangi dari normal (level I) menjadi waspada (level II), pukul 13.00 WIB, Kamis (21/1/2021). Hal itu disampaikan Dino Andalananto Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim.

Jenis gempa yang terekam selama periode 1–19 Januari 2021 didominasi oleh Gempa Hembusan dan gempa-gempa tektonik. Pada 20 Januari 2021, terekam adanya Tremor Non Harmonik dan Gempa Vulkanik Dalam. Tanggal 21 Januari 2021, pukul 00.06 WIB terekam 8 kali Gempa Hembusan dan 32 kali Tremor Non Harmonik.

Sekedar diketahui, Gunungapi Raung (G. Raung) adalah salah satu gunung api aktif tipe strato dengan tinggi puncaknya 3332 m di atas permukaan laut, secara geografis terletak pada posisi 7° 56.5′ LS dan 112° 37’ BT dan secara administrasi termasuk kedalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Sejarah erupsi Gunung Raung pernah menghasilkan aliran piroklastik, jatuhan piroklastik dan aliran lava andesitik sampai basaltic. Pada saat tidak terjadi erupsi, aktivitas berupa hembusan gas di dasar kawah.

Bintang Muda Indonesia Banyuwangi berharap agar Pemerintah selalu siap siaga dengan kondisi apapun yang akan terjadi, dan menyiagakan team dari stakeholder terkait untuk selalu siap. “Jangan sampai terjadi seperti di daerah lain bencana sudah terjadi tetapi Pemerintah penanganan bencana nya sangat lambat.” pungkas Muhammad Wakil Ketua DPC BMI Banyuwangi.

“Mari kita bersama saling mengupdate informasi dan berdoa agar kondisi bisa lebih baik dan tidak terjadi sesuatu diwilayah sekitar Gunung Raung khususnya Kabupaten Banyuwangi – Bondowoso – Jember.” Pungkas Muhammad.

Muhammad menyampaikan akan terus berkordinasi dengan DPC Partai Demokrat Banyuwangi dan DPRD Fraksi Partai Demokrat Banyuwangi untuk Memantau kondisi terupdate dan langkah kesiap-siagaan dan semoga semua baik saja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed