by

Kolaborasi Elemen Masyarakat Penting Dilakukan dalam Penanggulangan Bencana

Bintang Muda Indonesia (BMI) menghimbau pemerintah setempat yang daerahnya tertimpa bencana untuk memudahkan penyaluran bantuan. Untuk itu perlu kolaborasi antara semua elemen masyarakat dalam menangani bencana ini. BMI sendiri telah menginstruksikan kadernya untuk turun ke lapangan membantu para korban.

“Kolaborasi semua elemen tentu saja mengutamakan peran pemerintah sebab disanalah sumber daya terbesar ada dan diperlukan ditengah berbagai kecamuk bencana yang saat ini berada di tanah air” ujar Srie Nurnaningsih, Wakil Ketua Umum DPN BMI.

BMI juga mengapresiasi kerja Tim dari TNI, POLRI, Basarnas dan BNPB dalam upaya membantu masyarakat juga relawan kemanusiaan lain.

“Semoga Allah melindungi kita semua dan diberi kesabaran menghadapi berbagai bencana ditanah air” ujar Srie.

Sementara itu Waketum DPN BMI Sukri Umar, mengajak agar semua elemen masyarakat Bekerja sama tolong menolong membantu meringankan korban dan yang lemah. “Akibat bencana alam ini tentu membawa akibat kerusakan dan kesedihan. Untuk itu bantulah yang membutuhkan,” katanya.

Berdasar intruksi Ketum BMI Cak Farkhan Evendi, yang meminta semua kader yang berada di daerah bencana harus turun ke masyarakat, membuat Posko relawan bantuan bencana di tempat dan lokasi kejadian. Sukri meneruskan kepada semua jajaran kader dan pengurus BMI untuk bersama-sama menggalang solidaritas dan mengulurkan bantuan.

Awal tahun 2021 ini sederet bencana mengguncang tanah air. Diantaranya bencana itu adalah Longsor di Sumedang, Jawa Barat, banjir di Kalimantan Selatan, gempa di Sulawesi Barat, banjir dan longsor di Manado, Sulawesi Selatan dan erupsi Gunung Semeru Gunung Semeru di Jawa Timur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed