by

Mikir Untung Terus Dibalik Pipa Gas Bocor

Bintang Muda Indonesia, Jakarta (28/1/2021) – Pipa gas bocor yang mengakibatkan lima korban nyawa harus disikapi dengan tegas. Untuk itu perlu diusut tuntas semua pihak yang yang terlibat dalam kejadian ini,

“Bintang Muda Indonesia (BMI) menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya korban akibat bocornya Pipa Gas dan meminta aparat terkait untuk memberi hukuman tegas bagi semua pihak yang terlibat dalam persoalan ini, ini bukan kelalaian melainkan kecerobohan yang menghentakkan kita semua”ujar Eben Eser Ginting Ketua Departemen Advokasi DPN Bintang Muda Indonesia (BMI) .

Eben menambahkan bahwa ini bukti kalau ada oknum kapitalis yang pikirannya hanya cari untung terus sedang nyawa urusan sekian.

Sebagai ketua departemena advokasi BMI, Eben  mengapresiasi sikap Fraksi Demokrat yang berasal dari dapil tersebut yang ikut menyuarakan keprihatinan yang mendalam atas tragedi ini. “BMI mengapresiasi sikap lantang Fraksi Demokrat dalam menyikapi persoalan ini dan kami menilai bahwa persoalan ini harus diselesaikan tak hanya kompensasi ke korban maupun hukuman tegas ke berbagai pihak melainkan sikap antisipatif kedepan” ujar Eben.

Tragedi pipa gas bocor yang mengakibatkan 5 orang tewas dan puluhan lainnya dalam kondisi kritis di Desa Sibanggor Julu, Kec. Puncak Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal, bukan karena adanya kebocoran pipa PT. SMGP. menurut salah seorang pekerja proyek PT. SMGP kepada Waspada.id, gas berbahaya H2S itu bukan berasal dari pipa yang bocor  Tetapi dari corong pipa yang sengaja dibuka. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mengukur kekuatan sumur atau well test.

Pria yang minta tidak disebut identitasnya ini menjelaskan, secara terjadwal, perusahaan sudah sering melakukan well test atau testing discharge stimulation of geothermal well. Namun selalu ada prosedur yang dijalankan sebelum melakukannya. “Sebelum well test dilakukan, pihak perusahaan selalu membuat pengumuman kepada warga desa sekitar. Biasanya, kalau ada pengumuman, warga bertahan di kampung dan tidak pergi ke sawah atau lokasi yang menjadi radius buangan gas H2S,” jelasnya.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed