Pemerintah, Institusi dan Investor Bangkit lah!

Oleh: Hasbil Mustaqim Lubis, S.T.

Ketua BMI DPD DKI Jakarta.

Tantangan Investor itu adalah kemampuan untuk meraih pengembalian yang atraktif setelah di sesuaikan dengan resiko. Sedangkan pembuat kebijakan Nasional (Pemerintah) itu tantangannya adalah kemampuan untuk merespons dengan cara mempertahankan pertumbuhan ekonomi serta memperkecil probabilitas dislokasi finansial periodik. Dan bagi Institusi adalah potensi untuk memberikan kontribusi pada rekonsiliasi kebijakan Nasional secara efisien di level Nasional dengan demikian memastikan konsistensi dan upaya untuk saling memperkuat kebijakan Nasional.

Nah itu dasar pemikiran yang harus di pahami oleh semua pihak terkait dalam upaya menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jika hal ini saja tidak di pahami, maka menurut pribadi saya Indonesia akan sulit keluar dari angka pertumbuhan ekonomi negatif di karenakan kebijakan yang di lahirkan tidak mampu menjawab permasalahan saat ini. Oleh karena itu saya pribadi sangat berharap semua pihak terkait mau memahami kembali definisi dasar yang telah saya jelaskan di atas tersebut sehingga pada akhirnya akan memiliki pandangan yang sama dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga ancaman resesi ekonomi bahkan krisis ekonomi dapat di hindari oleh Indonesia. Kadang kala untuk menyelesaikan suatu permasalahan, solusi nya di dapatkan dari hal kecil yang terlupakan.

Sebagai tambahan, ada beberapa saran konkret dari saya untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu sebagai berikut :

  1. Jangan terlalu fokus ke Bridge Financing (Pembiayaan Talangan), cara opsi lain yang memiliki resiko lebih kecil (low risk).
  2. Buat ‘Kontes Kecantikan’ artinya berikan tantangan kepada pihak terkait agar mereka mampu melakukan terobosan baru dalam melahirkan setiap kebijakan baru dan janjikan sesuatu yang positif untuk mereka. Hal ini dalam dunia industri sering di lakukan dan hasilnya cukup bagus.
  3. Lakukan rotasi jabatan maupun pergantian Individu dari individu lama ke individu baru yang lebih kompeten. Lakukan evaluasi tim secara keseluruhan demi tujuan besar yaitu bangkitnya perekonomian Indonesia.

Demikian lah penjelasan sederhana saya terkait permasalahan ekonomi Indonesia saat ini. Semoga opini saya mampu menjadi masukan dan di pertimbangan kan oleh Pemerintah saat ini. (sumber :/www.biskom.web.id )

Check Also

Bersatulah, Ditengah Kegamangan Pemerintah

Periode kedua pemerintahan Joko Widodo sudah hampir setengah tahun berjalan, tapi nampaknya sebagai rakyat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *