by

Penegakan dan Kepastian Hukum di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Pangihutan B. Haloho, SH

(Departemen Advokasi dan Hukum DPN BMI, Praktisi Hukum, Advokat, Pengiat sosial)

Kepastian hukum adalah suatu keadaan dimana tidak terjadi kebingungan (confusion) masyarakat terhadap suatu aturan hukum, baik dalam hal pengaturan maupun dalam hal implementasi atau penegakan hukum. Akan tetapi juga waktu tunggu yang dihabiskan dalam menyelesaian sengketa di pengadilan tidak efektif dan efisien dengan sekian banyak alasan, misalkan jumlah perkara yang terlalu banyak, jadwal sidang molor, salah satu pihak belum hadir, atau tiba-tiba hakim sakit merupakan beberapa penyebab gangguan terhadap proses peradilan di pengadilan.

Kondisi ini tak sejalan dengan asas penyelenggaraan kekuasaan kehakiman dimana peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Asas ini tegas disebutkan dalam Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Sederhana mengandung arti pemeriksaan dan penyelesaian perkara dilakukan dengan cara yang efisien dan efektif. Asas cepat, asas yang bersifat universal, berkaitan dengan waktu penyelesaian yang tidak berlarut-larut. Asas cepat ini terkenal dengan adagium justice delayed justice denied, bermakna proses peradilan yang lambat tidak akan memberi keadilan kepada para pihak. Asas biaya ringan mengandung arti biaya perkara dapat dijangkau oleh masyarakat.

Masuk dimasa pademi Covid-19 saat ini semakin terlihat, bahwa penegakan hukum secara menyeluruh telah terabaikan, merupakan pilihan yang sulit dan dilematis bagi lembaga penegak hukum, tidak ada terobosan yang menjamin penegakan supremasi hukum bisa tetap berjalan dengan baik.

Begitu banyak masyarakat pencari keadilan merasa sangat dirugikan dan terombang ambing dalam proses mencari keadilan dan kepastian hukum ditengah-tengah pademi covid-19, disini Negara telah gagal hadir sebagai penjamin atas kepastian hukum bagi warga negaranya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed