Sebuah Unggahan Video di Medsos Tentang SBY Langgar UU ITE

Beredarnya kabar bahwa Partai Demokrat dituding melakukan pembiayaan untuk aksi demonstrasi menolak Undang-undang tentang Cipta Kerja, tanggal 08 Oktober 2020 berimbas ke dugaan tindak pidana penghinaan kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Dugaan penghinaan tersebut diunggah dalam bentuk video oleh Saudari Dewi Tanjung15 dan/atau @DTanjung15 melalui media sosial Twitter pada tanggal 08 Oktober 2020, pukul 2.36 AM. Berikut kutipan kata-kata yang diucapkan oleh Saudari Dewi Tanjung15 dan/atau @DTanjung15 dalam video unggahannya tersebut:

PAK SBY, BAGAIMANA KITA KAROKEAN BIKIN LAGU AJA, DARI PADA UANG BAPAK ITU BAYAR PENDEMO, KAN BIKIN GADUH RUSUH NEGARA, MENDINGAN KITA BIKIN PROJECT LAGU SUARA NYAI ITU BAGUS PAK, BAPAK MAU DENGAR SUARA SAYA YANG MERDU ID

Dan lanjutannya adalah akun ini terus menyakiti serta menjelek-jelekkan secara fisik Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Tindakan ini dinilai tidak elok dan tidak beretika.

“ Tindakan yang dilakukan oleh Saudari Dewi Tanjung15 dan/atau @DTanjung15 telah melukai perasaan Kader Partai Demokrat dan Bintang Muda Indonesia (‘BMI’). Saya sangat menyayangkan prilaku dari Saudari Dewi Tanjung15 dan/atau @DTanjung15,” ungkap Eris Rinaldy Sinuhaji, S.H. dari Depertemen  Hukum dan HAM Bintang Muda Indonesia.

Menurutnya perbuatan Saudari Dewi Tanjung15 dan/atau @DTanjung15 dapat dikategorikan melanggar ketentuan Pasal 27 ayat 3 UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dengan UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Juncto Pasal 135 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 750.000.000,- (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Check Also

BMI Dukung KPK Usut Suap KKP

Bintang Muda Indonesia Mendukung KPK mengusut suap di KKP terkait bibit lobster yang berujung pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *