by

Sektor Pariwisata Babak Belur Dihantam Virus Corona, Masih Bisa Bangkit Kembali?

Jakarta (3/3), Sudah kurang lebih setahun pandemi virus corona ini menerpa di seluruh dunia dan juga Indonesia pada khususnya, salah satu sektor yang paling jatuh terdampak adalah pariwisata.

Wishnutama, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang lalu pun sudah menyampaikan tantangan pariwisata RI saat momen penggantian dirinya oleh Sandiaga Uno, Desember lalu.

Dilansir dari detik.com, “setahun belakangan ini kita menghadapi pandemi yang sangat berat sekali, khususnya yang menghantam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini adalah tantangan luar biasa, tentunya ini akan menjadi tantangan luar biasa buat Bang Sandi (Sandiaga Uno) ke depannya,” katanya.

Boscha Cahya Prasetya, Ketua Departemen Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Nasional Bintang Muda Indonesia, pun turut menyampaikan harapannya pada sektor yang telah memiliki banyak peran bagi Negeri ini sebelum pandemi ini melanda.

“Program vaksinasi pun seharusnya turut menjadi angin segar bagi pariwisata tanah air. Seiring dilakukannya vaksinasi, harapan bagi bangkitnya sektor pariwisata ini menjadi nyata dan dapat dimaksimalkan dengan baik” ujar Boscha.

Upaya-upaya pengembalian sektor pariwisata agar dapat menarik perhatian dunia kembali, tidak lupa dengan meningkatkan protokol kesehatan untuk masyarakat di sekitar wilayah yang aktif sebagai tempat pariwisata.

“Butuh dukungan dari seluruh elemen masyarakat, pengusaha maupun wisatawan. CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) menjadi sangat penting agar kita semua dapat mengembalikan mahkota keindahan alam negeri ini untuk dapat kembali dinikmati oleh seluruh orang di dunia ini” kata Boscha.

Selain itu, kebijakan-kebijakan bagi masyarakat dan UMKM di wilayah sekitar daerah pariwisata, serta kolaborasi antar kementerian amat sangat diperlukan untuk memulihkan kembali sektor pariwisata di Tanah air.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed