by

ANAK-ANAK DALAM PUSARAN TEKNOLOGI

Oleh: Lency Pramono

Seiring perkembangan zaman dan dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, ternyata menimbulkan masalah baru di dunia anak-anak.

Bagaimana tidak? teknologi yang semakin maju nyatanya tak hanya merambat di kehidupan kalangan anak muda dan orang dewasa saja, namun juga menyetuh hidup anak-anak di bawah umur, dimana anak-anak sekarang sudah banyak yang memilik gadget sendiri. Bahkan sangat disayangkan banyak orangtua yang membebaskan anak memainkan gadgetnya tanpa didampingi ataupun dikontrol waktunya.

Kadang banyak orangtua yang begitu bangganya ketika anaknya yang masih kecil sudah bisa memainkan gedget, mereka tidak sadar kalau mereka sebenarnya sedang ngasih racun pada sibuah hatinya.

Kemajuan teknologi tak melulu membawa pengaruh positif. Faktanya, banyak anak-anak yang kecanduan gadget hingga mereka harus berakhir dalam perawatan intensif dan atau terapi.

Efek adiktif dalam penggunaan gadget bisa berkembang menjadi masalah mental serius.
Dampak negatif dari kecanduan gedget mengubah cara kerja otak anak-anak. Ketika dimana anak-anak yang sering menggunakan gadget lebih rentan terkena depresi, memiliki self esteem yang rendah, dan menjadi lebih narsisistis.

Kondisi kecanduan gadget ini disebut dengan Screen Dependency Disorder (SDD).

Hal ini erat kaitannya dengan peran orang tua dalam mengontrol anaknya dalam penggunaan gadget itu sendiri.
Supaya anak tidak terlalu larut dalam keasyikan bermain gedget, orangtua dapat membuat pola dan aturan tentang penerapan penggunaan gadget.

Terlepas dari peran orang tua, lingkungan juga punya pengaruh besar pula, ketika anak pada usianya juga menggunakan gaddget maka dia juga menginginkan untuk menggunakan gadget juga.

Karena anak belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk untuk diri mereka, maka orang tua juga harus memberikan contoh yang baik terhadap anak mereka. Orang tua juga bisa dikatakan cerminan bagi anak mereka, apa yang dilakukan orang tua anak juga akan menirunya juga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed