by

ANCAMAN BENCANA KEKERINGAN DI SEJUMLAH DAERAH, INI SOLUSI BMI

JAKARTA – Terkait upaya penanganan bencana kekeringan di Jawa Timur, pertama buat kegiatan bersama berbagai elemen yang melibatkan masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah.

Kegiatan itu bisa berbentuk pembuatan sumur bor, bantuan tendon, kerja bakti pipanisasi dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan sumber air tanah.

“Jadi kegiatannya bukan sekedar memberi droping air untuk kemudian di foto dan masuk koran saja, itu tidak menyelesaikan masalah, tapi malah membikin ketergantungan rakyat kepada bantuan,” Kata Irwan Saputra Pajerih, Wasekjen DPN BMI

Selain itu tentu ancaman bencana kebakaran juga harus diwaspadai,dalam penjelasannya tentang kegiatan yang dilakukan pemerintah dalam menangani bencana kebakaran, juga menyinggung tentang akan dibentuk relawan antipasi bencana kebakaran di beberapa daerah untuk memudahkan koordinasi. Baik disaat pra bencana, tanggapbencana, dan pasca bencana. Termasuk ikut melakukan sosialisasi pengurangan risiko bencana kepada masyarakat di daerah rawan bencana.

Bagi BMI isu lingkungan hidup dan bencana alam akan menjadi tema serius utamaya memasuki era perubahan iklim. Sebagai wujud peran aktif BMI dalam hal lingkungan hidup telah dibentuk satuan Pelopor BMI yang mempunyai unit penanggulangan bencana alam dan salah satu programnya adalah pelestarian alam. BMI juga bekerjasama dengan jaringan pecinta alam Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed