by

Demokrat Tertinggi Dalam Elektabilitas Digital

JAKARTA – Partai Demokrat menjadi partai dengan elektabilitas digital tertinggi, disusul PDI Perjuangan dan PKS. Hal ini sebagaimana hasil data pencitraan dari Drone Emprit yang dipaparkan konsultan digital campaign oleh Deddy Rahman

Dengan sentiment positif tertinggi diperoleh oleh Partai Demokrat (positif 69%, netral 7%, negative 23%) dan partai dengan sentiment negatif tertinggi adalah Partai Keadilan Sejahtera (positif 42%, netral 5%, negatif 53%).

Bila ditelaah lebih dalam, topik utama yang membuat Partai Demokrat menjadi sangat tinggi sentiment positif-nya adalah isu polemik Partai Demokrat dengan Yusril Ihza Mahendra yang menjadi pengacara Moeldoko terkait KLB yang lalu.

Sedangkan topik utama yang membuat PKS menjadi sangat tinggi sentiment negatif-nya yakni adanya program PKS yang mendorong kader-nya untuk berpoligami dengan menikahi janda.

Grafik Popularity-Favorability memperlihatkan keunggulan Partai Demokrat yang sangat kentara selama bulan September 2021.

Diikuti oleh dua partai yang saling berdekatan popularitas-nya, walau berbeda dalam sentimen, yakni PKS dan PDIP.

Sedangkan 6 partai lainnya masih belum dihandle secara serius dengan media digitalnya sebagai bagian penting dari pembentukan branding dalam sebuah partai.

Mengingat potensi media social sebagai alat merebut hati rakyat akan semakin signifikan di 2024.

Berikut daftar penarikan data socmed dan news online selama bulan September dalam 30 hari, memperlihatkan tingkat di ranah digital seperti dibawah ini:

1. Demokrat – 125K
2. PDIP – 82K
3. PKS – 69K
4. Golkar – 38K
5. Gerindra – 34K
6. PKB – 27K
7. PAN – 22K
8. PPP – 21K
9. Nasdem – 20K

” Bagi kami media sosial adalah hal yang harus ditangani secara serius, media sosial sudah menjadi pilar penting dalam sebuah organisasi, dan pelatihan kepada kader BMI mengenai tekhnik bermedsos yang baik dan benar menjadi kurikulum khusus dalam sekolah kader,” ujar Sultoni menanggapi hasil survei tersebut.

DPN Bintang Muda Indonesia sudah mempunyai pasukan cyber organik yang tersebar diseluruh tingkatan kepengurusan. Organisasi sayap yang spesialisasi berbasis pengkaderan ini telah memiliki jaringan Team Cyber Media berjumlah 500 orang yang beroperasi di platform digital seperti Twitter, FB, IG dan YouTube. Bahkan secara mandiri telah mempunyai situs media online di beberapa DPD yang produktif membuat konten pemberitaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed