by

Giat Pendataan Potensi Desa, Harus Fokus Pada Upaya Digitalisasi Potensi Desa Terkait

Wasekjen DPN Bintang Muda Indonesia Irwan Saputra Pajerih menyebut upaya melakukan pendataan potensi desa harus benar-benar tajam dan menjadi lampu penerang kemajuan masyarakat desa.

“Sebaiknya segala potensi di digitalisasi, tiap kantor desa harus ada admin serius yang mengurus IT potensi desa tersebut misal desa wisata, kafenya dan disisi lain pengadaan Wifi Gratis harus diberikan di kantor desa bagi masyarakat yang ingin mempopulerkan usahanya, misal kerajinan tangan didesa tersebut, kalau perlu satu desa, satu desain grafis, yang bertugas mengurus usaha warga desa yang mau memanfaatkan ekonomi digital”ujar Irwan.

Misal tiap desa ada minimal 50 saja atau 100 wirausahawan digital baru itu sangat membantu bagi desa tersebut.

“Jangan kemudian kantor desa kalah ramai sama warung kopi tempat orang asik bertukar info, untuk itu pelibatan karang taruna sangat urgen” ujar Irwan.

BMI menyebut membangun potensi desa dengan inovasi digital adalah keharusan dan juga dengan APBN dan APBD yang terbatas mustahil bisa mewujudkan masyarakat desa lebih maju secara maksimal.

Kedua, dengan terbatasnya kemampuan IT masyarakat desa perlu ada gerakan ekonomi digital yang masif dengan penyuluh tiap desa. “Tanpa itu ibarat kita memasuki hutan tanpa kompas sebab masyarakat desa bagaimanapun ikut merasakan jaman kemajuan IT dan menjadi salah satu harapan utama kemajuan desa” ujar Irwan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed