by

Kala SBY Melukis Dirinya Sendiri, Sebut Sedang Tafakur dan Kontemplasi

CIKEAS – Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengisi waktu pensiunnya dengan membuat lukisan alam. Kali ini, SBY melukis dirinya sendiri saat sedang menatap pemandangan alam.

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu menyebut, dirinya dalam lukisan itu sedang berkontemplasi. Lukisan itu diberi judul “I Understand More the Meaning of Life”.

“Hari ini, di weekend yang tenang, saya mengekspresikan diri saya (dalam lukisan) ketika tengah melakukan kontemplasi, tafakur. Lukisan ini saya beri nama “I Understand More the Meaning of Life”,” tulis SBY melalui akun Instagram @aniyudhoyono pada Sabtu (9/10).

Dari coraknya, diduga lukisan itu adalah potret dari bentangan alam Pacitan yang dikenal dengan banyaknya perbukitan. Suasana dalam lukisan itu sedang senja, ditandai dengan langit yang berwarna jingga.

Dalam lukisan itu sosok SBY sedang berdiri menatap momen saat matahari tenggelam ditelan malam. Laut terlihat di kejauhan dan awan-awan mengambang di atasnya.

SBY mengatakan, dirinya memang terbiasa berkontemplasi untuk memetik hikmah dan pelajaran dari setiap langkah yang diambil dalam hidup.

“Dalam perjalanan hidup saya, saya kerap dan terbiasa melakukan kontemplasi. Memetik hikmah dan belajar dari apa yang telah terjadi. Suka-duka, anugerah-musibah, sukses-gagal,” ujarnya.

Lukisan ini pun menambah koleksi lukisan yang sudah diciptakan SBY semenjak pensiun. Rata-rata, lukisan SBY terinpirasi dari kenangannya saat berada di Pacitan, Jawa Timur.

Diketahui, pada Agustus lalu, SBY meluncurkan lukisan “Debur Ombak Di Pantai Pacitan”, “Jalan di Antara Bukit”, “Pesona Gunung”, “Indahnya Sunset”, “Gunung Meletus”.

Artikel ini telah dimuat di aksara.co

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed