by

Menjelang Lebaran, Drupadi BMI Minta Agar Pemerintah Menjaga Stabilitas Harga Sembako

Satgas Pangan Polri menyatakan kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok menjelang lebaran murni karena tingginya permintaan masyarakat.

Ketua Satgas Pangan Brigjen Polri Helmy Santika menyebutkan kenaikan harga pokok tak melulu harus dikaitkan dengan dugaan adanya penimbunan yang dilakukan oleh spekulan.

“Menjelang puasa atau lebaran memang akan disertai dengan kenaikan beberapa komoditas karena permintaan. Murni karena permintaan,” kata Helmy kepada wartawan, Sabtu (24/4/2021).

“Kami berharap pemerintah mampu untuk menjaga stabilitas harga sembako atau jika diperlukan memberikan subsidi terhadap harga sembako tersebut. Kondisi Ekonomi saat ini sangat memberatkan rakyat. Emak – emak tentu sangat terpukul dengan kondisi pandemi ini. Semua gerak dan usaha serba dibatasi, kaum pria banyak yang depresi memikirkan pemenuhan kebutuhan dasar keluarganya”, kata Amelia Deputi Ekonomi Kreatif Drupadi BMI.

“Atau setidaknya pemerintah mencanangkan gerakan membeli beras langsunh dari petani. Bayangkan apabila pemerintah membeli beras dari petani 100.000 ton x Rp. 13.000.000,- jumlahnya sudah 1,3 Trilyun. Petani akan terbantu. Program – program semacam ini seyogyanga harus dijalankan pemerintah. Jangan malah lebaran instruksinya suruh makan Bipang. Bukankah presiden jokowi sudah menginstruksikan untuk mengutamakan petani dalam negeri ? Ataukah memang saat ini jerat mafia pangan sudah begitu kuat mencengkeram pemerintah kita ?”, imbuh Pitria Kornas Drupadi BMI mengahiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed